Sunday, August 13, 2006

Untuk Orang-orang Pemberani


Judul: Kumpulan Cerita Pendek Pilihan Alfred Hitchcock UNTUK ORANG-ORANG PEMBERANI
Penerbit : BATANG PRESS

Kumpulan cerpen ini bagus bgt. Lumayan buat nambah koleksi kumpulan cerpen.
Sampul buku ini aku scan waktu aku lagi mudik ke solo. Tapi aku belom sempet posting reviewnya. Biar sampulnya dulu yg terbit. Meski belom aku tulis reviewnya, udah ada yang ngasih koment, sapa lagi kalo bukan fans beratku :D tyka82 dari surabaya.
Aku mo nulis review buku ini, tapi bukunya tertinggal di rumah Solo. kemarin balik ke jogja terburu2. Ya udah aku tulis sekenanya aja.
Buku ini aku beli saat aku masih di malang tahun lalu, saat-saat terakhirku di Malang. dan ini buku terakhirku yang kubeli di kota apel itu. Sampul buku ini memberikan kesan jadul. Emang buku ini isinya cerpen-cerpen jadul. Tapi cetakan baru. Dan di toko buku Toga Mas malang stock buku ini cuma tinggal satu. Buku langka???may be
Namanya juga kumpulan cerpen, isinya tentu beberapa cerpen. Dari beberapa cerpen yang dipilih Alfred Hitchcock(13 Agustus 1899-29 April 1980), ada satu yang masih aku ingat, judulnya "Hukuman Untuk Orang-Orang Kasar". cerpen ini menceritakan tentang Seorang pembunuh, pembunuhan berantai. setelah membunuh dia meninggalkan sebuah pesan. Siapa saja yang menjadi korban pembunuhan berantai itu? Mereka yang sudah berlaku sedikit kasar atau tidak sopan. Seperti seorang petugas loket sirkus. Dia dibunuh karena dia berlaku kasar kepada seorang bapak, dan mempermalukan bapak itu dihadapan anaknya karena karcis yang dia bawa sudah expired. bapak itu terpaksa pulang dengan sedih, dan mengecewakan anaknya yang ingin nonton sirkus.
Karena dia melihat petugas itu berbuat kasar seperti itu, akhirnya dia menjadikan petugas loket itu sebagai korban yang kesekian.
Berita pembunuhan itu tidak lama langsung menyebar ke seluruh kota. Dan akibatnya, semua orang di kota itu selalu berhati-hati dalam melalukan setiap hal. Dan ramah kepada semua orang yang ditemuinya. Mereka khawatir menjadi korban berikutnya, hanya karena masalah sepele.
Bener-bener menyentuh sekali cerpen itu. Bisa menjadikan motivasi agar kita tidak berbuat kasar atau seenaknya kepada siapapun.
Selain "Hukuman untuk Orang-Orang Kasar" masih ada beberapa cerpen dari penulis-penulis yang tidak pernah kudengar sebelumnya. Dan ada bonus sebuah cerita panjang dengan Judul "Salah Sambung". cerita panjag ini juga lumayan bagus. Ide ceritanya simple, tapi ditulis panjang lebar. Ini novel atau cerita pendek? atau kispan (kisah panjang)_kalo meminjam istilah Achdiat K Mihardja. Kalo dilihat panjangnya cerita(banyaknya halaman) cerita ini cukup panjang. Tapi temanya hanya satu permasalahan saja.
Ceritanya seorang istri yang ditinggal suaminya, yang secara tidak sengaja mendengar percakapan ditelepon tentang sebuah rencana pembunuhan. dan ternyata semua yang didengarnya benar-benar terjadi. dan yang menjadi korban pembunuhan itu adalah dirinya sendiri.

2 Comments:

At Wednesday, August 16, 2006, Blogger -ndutyke said...

ini buku jadul (jaman dulu)..nyarinya dimana yaa??

 
At Wednesday, August 16, 2006, Blogger nuno said...

iya, itu emang buku jadul, tapi cetakan baru kok.......bagus bgt...kalo kamu pemberani, baca buku ini!

 

Post a Comment

<< Home