Thursday, August 03, 2006

Life Of Pi



Ketegori: Buku
Judul : Kisah Pi
Judul asli : Life of Pi
Penulis: Yann Martel
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Ini novel bagus banget. Bercerita tentang pengalaman seorang anak bernama Pi Patel usia 16 tahun, yang berlayar dengan kapal barang Tsimsum pada tanggal 27 juni 1977, pada bulan juli kapal itu dihantam badai, dan tenggelam, Pi terdampar di atas samudra pasifik selama ratusan hari. Pi bertahan hidup di atas sebuah sekoci kecil bersama dengan seekor harimau royal bengal seberat 225 kg, seekor heyna, seekor zebra yang patah kaki, dan seekor orangutan betina dari Kalimantan.
Dalam sinopsisnya di sampul belakang, dijelaskan bahwa setelah membaca kisah ini akan membuat anda percaya akan Tuhan.Memang kalo kita hanya terbawa alur cerita ini, kita bisa terhanyut, dan benar-benar tidak menyangka, bagaimana cara Pi dalam menghadapi survival di tengah samudera, dalam sabuah sekoci kecil dan ditemani seekor harimau bengal.Kalau kita berpikir, tentu Pi akan tewas dimakan harimau itu, atau pun kalo bisa menang melawan harimau itu, tentu dia akan tewas kehabisan bekal, atau dihempas badai dan tenggelam. Tapi Pi selamat. Seperti lagunya Ebit G.A.D. " tak ada yang dapat menolong, selain Yang Disana". Ya tentu kita berpikir, semua petualangan Pi itu yang membuat kita percaya akan (pertolongan) Tuhan.Tapi , ini menurut saya. Bukan itu yang membuat kita percaya akan Tuhan dari cerita itu. Coba kita simak, bagian akhir dari kisah Pi. Ketika Pi sudah selamat di Canada, coba perhatikan dialog-dialog antara Pi dan dua orang pemilik kapal dari jepang, mereka berdua tidak percaya dengan semua yang diceritakan Pi karena begitu tidak masuk akal. Karena Pi kesal, akhirnya dia mengarang cerita yang lebih tidak masuk akal. Tapi ada beberapa kesamaan anatara dua kisah itu.Terserah anda mau percaya kisah yang mana.Begitu juga anda dalam mempercayai Tuhan, seperti kata pepatah " banyak jalan menuju Roma". Terserah anda mau lewat jalan yang mana, toh semua akan berakhir di Roma.

1 Comments:

At Friday, August 04, 2006, Blogger kiky f said...

duh,ni buku dibeli dari 2 tahun yang lalu, masih setengahnya belum selesai2x juga...:(( penggemarnya jonstein gordner ya? (do I spell it right?) gue suka the orange girl tuh!

 

Post a Comment

<< Home